Pengalaman saat membuat proyek praktikum Elektronika Dasar

        Saya akan bercerita sedikit tentang pengalaman saat membuat alat proyek praktikum Elektronika Dasar. Pada praktikum Elektronika Dasar saya mendapat proyek dengan judul “Alarm Pintu Dengan Infra Merah” . Ini adalah proyek pertama yang saya buat bersama teman sekelompok.

      Hal yang pertama kami lakukan adalah membuat Schematic rangkaian Alarm Pintu Dengan Infra Merah, lalu menempatkannya pada papan PCB (Printed Circuit Board). Setelah itu memasang komponen-komponen yang dibutuhkan seperti IC (Integrated Circuit), Dioda, Resistor, LED (Light Emiting Diode), Buzzer, dll. Karena ini proyek yang pertama kali dibuat, maka ada banyak kesalahan-kesalahan yang terjadi seperti :

–       Salah penempatan jalur pada schematic rangkaian.

–       Pada saat proses eching pada PCB ada beberapa jalur yang hilang.

–    Banyak komponen yang sort karena kelebihan tegangan dan pada saat menyolder komponen terlalu lama.

      Pada saat pembuatan alat Alarm Pintu Dengan Infra Merah Sudah selesai, ternyata hasil keluaran alat tersebut masih kurang sempurna dikarenakan rangkaian Alarm Pintu Dengan Infra merah yang di dapat dari Lab. Elektronika Dasar masih belum sempurna. Jadi semua yang mendapat proyek tersebut hasil keluarannya masih kurang sempurna.

     Dan selanjutnya pembuatan makalah proyek. Karena pembuatan makalah menjadi tanggung jawab saya, maka saya bertanya kepada AP (Asisten Proyek) untuk bertanya ketentuan pembuatan makalah proyek. Tetapi setelah makalah sudah selesai, ternyata makalah tersebut masih salah (padahal sebelumnya sudah dinyatakan benar oleh AP), maka terjadi beberapa kali revisi makalah.

      Tetapi pada akhirnya pembuatan alat dan makalah proyek selesai tepat waktu, dan seperti itulah kesan saat membuat proyek praktikum Elektronika Dasar.

Pos ini dipublikasikan di Bahasa Indonesia 1. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s