Sepak Terjang Bahasa Indonesia di Dunia

Pada awalnya, sebelum bangsa Jepang mengenal bahasa indonesia. Pada tahun 1942-1945 bangsa indonesia telah dijajah oleh bangsa jepang. Dan selama masa penjajahan di indonesia, bangsa jepang mulai mengenal bahasa serta budaya bangsa indonesia. Anehnya sejarah mengenai orang-orang Jepang di Indonesia tidak begitu dimengerti oleh bangsa Indonesia, terutama pada masa sebelum pendudukan jepang di Indonesia. Pada masa kini di Jepang, bahasa indonesia sudah banyak diminati oleh masyarakat di Jepang.

Jepang merupakan negara yang intens mendalami bahasa Indonesia. Tahun 1969 mendirikan Nihon-Indonesia Gakkai atau Perhimpunan Pengkaji Indonesia Seluruh Jepang. Anggota organisasi ini terdiri dari kalangan akademisi Jepang yang mengajar bahasa dan berbagai aspek tentang Indonesia di berbagai Universitas di Jepang. Sejak tahun 1992 organisasi ini mulai melakukan ujian kemampuan Bahasa Indonesia. Hingga kini tercatat lebih dari 12.500 peserta yang telah mengikuti tes kemampuan berbahasa Indonesia dalam berbagai level atau tingkatan. Sejarah pengajaran bahasa Indonesia di Jepang tidak lepas dari sejarah berdirinya Tokyo University of Foreign Studies (Tokyo Gaikugo Daigaku). Universitas yang didirikan pada tahun 1899 ini mulai mengajarkan bahasa Indonesia sebagai bahasa asing kedua setelah bahasa Inggris pada tahun 1922. Diikuti 3 tahun kemudian oleh Universitas Tenri yang mulai mengajarkan bahasa Indonesia pada tahun 1925. saat ini ada beberapa perguruan tinggi di Jepang yang membuka jurusan bahasa Indonesia antara lain Universitas Kajian Asing Tokyo, Universitas Tenri, Universitas Kajian Asing Osaka, Universitas Sango Kyoto, dan Universitas Setsunan. Sementara yang mengajarkan bahasa Indonesia sebagai mata kuliah pilihan ada lebih dari 20 perguruan tinggi di Jepang.

Bangsa Indonesia memiliki sejarah yang sangat panjang, oleh karena itu kita sebagai warga negara Indonesia sudah selayaknya harus melestarikan bahasa Indonesia (terutama kalangan generasi muda). Karena bahasa indonesia lebih mudah dipelajari dibandingkan bahasa lain diantaranya bahasa Rusia, Perancis, Inggris , Cina , Korea, Jepang maupun Arab. Hal ini terjadi karena bahasa Indonesia tidak mengenal tenses, konjugasi dan jenis kelamin kata benda. Hal itulah yang membuat bahasa Indonesia populer dan diminati dimata bangsa lain.

 

Referensi :

http://bahasa.kompasiana.com/2012/09/06/mengenal-lebih-jauh-bahasa-indonesia/

http://historycomunity.blogspot.com/2010/01/sepak-terjang-bangsa-jepang.html

Pos ini dipublikasikan di Uncategorized. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s