MANUSIA DAN CINTA KASIH

Manusia dapat diartikan berbeda-beda menurut biologis, rohani, dan istilah kebudayaan. Secara biologis, manusia diklasifikasikan sebagai Homo sapiens, untuk sebuah spesies primata dari golongan mamalia yang dilengkapi otak berkemampuan tinggi. Dalam hal kerohanian, mereka dijelaskan menggunakan konsep jiwa yang bervariasi di mana, dalam agama, dimengerti dalam hubungannya dengan kekuatan ketuhanan. Dalam antropologi kebudayaan, mereka dijelaskan berdasarkan penggunaan bahasanya, organisasi mereka dalam masyarakat serta perkembangan teknologinya, dan terutama berdasarkan kemampuannya untuk membentuk kelompok. Cinta adalah sebuah perasaan yang ingin dibagi bersama seseorang. Pendapat lainnya, cinta adalah sebuah aksi/kegiatan aktif yang dilakukan manusia terhadap objek lain, berupa pengorbanan diri, empati, perhatian, memberikan kasih sayang, membantu, menuruti perkataan, mengikuti, patuh, dan mau melakukan apapun yang diinginkan objek tersebut. Kasih jika diartikan mempunyai arti yang banyak sekali dan dalam 1 korintus 13:1-13 kasih itu mempunyai arti sebagai berikut; Kasih itu sabar; Kasih itu murah hati; ia tidak cemburu, ia tidak memegahkan diri dan tidak sombong, ia tidak melakukan yang tidak sopan dan tidak mencari keuntungan diri sendiri, ia tidak pemarah dan tidak menyimpan kesalahan orang lain, ia tidak bersukacita karena ketidakadilan, tetapi karena kebenaran, ia menutupi segala sesuatu, percaya segala sesuatu, mengharapkan segala sesuatu, sabar menanggung segala sesuatu. Secara sederhana cinta kasih adalah perasaan yang ingin dibagi bersama seseorang yang diungkapkan dengan tingkah laku yang bertanggung jawab. Tanggung jawab artinya akibat yang baik, positif, berguna, saling menguntungkan, menciptakan keserasian, kseimbangan, dan kebahagiaan.

 

Menurut kamus umum bahasa Indonesia karya W.J.S. Poerwadarminta, cinta adalah rasa sangat suka (kepada) atau (rasa) sayang (kepada), ataupun (rasa) sangat kasih atau sangat tertarik hatinya. Sedangkan kata kasih artinya perasaan sayang atau cinta kepada atau menaruh belas kasihan. Dengan demikian arti cinta dan kasih hampir bersamaan, sehingga kata kasih memperkuat rasa cinta. Karena itu cinta kasih dapat diartikan sebagai perasaan suka (sayang) kepada seseorang yang disertai dengan menaruh belas kasihan. Jadi cinta kasih yang disertai dengan tanggung jawab menciptakan keserasian, keseimbangan, dan kedalaman antara sesama manusia, dengan lingkungan, dan antara manusia dengan Tuhan. Sulit juga untuk diungkapkan dan diingkari bahwa cinta adalah salah satu kebutuhan hidup yang sangat dibutuhkan oleh manusia itu sendiri. Tidak pernah selintas pun orang berpikir bahwa cinta itu tidak penting. Ada pepatah yang mengatakan bahwa “hidup tanpa cinta bagaikan makan nasi tanpa garam”.

 

Beberapa unsur yang sering ada dalam cinta antar pribadi:

  • Afeksi: menghargai orang lain.
  • Altruisme: perhatian non-egois kepada orang lain (yang tentunya sangat jarang kita temui sekarang ini).
  • Reciprocation: cinta yang saling menguntungkan (bukan saling memanfaatkan).
  • Commitment: keinginan untuk mengabadikan cinta, tekad yang kuat dalam suatu hubungan.
  • Keintiman emosional: berbagi emosi dan rasa.
  • Kinship: ikatan keluarga.
  • Passion: Hasrat dan atau nafsu seksual yang cenderung menggebu-gebu.
  • Physical intimacy: berbagi kehidupan erat satu sama lain secara fisik, termasuk di dalamnya hubungan seksual.
  • Self-interest: cinta yang mengharapkan imbalan pribadi, cenderung egois dan ada keinginan untuk memanfaatkan pasangan.
  • Service: keinginan untuk membantu dan atau melayani.
  • Homoseks: Cinta dan atau hasrat seksual pada orang yang berjenis kelamin sama, khususnya bagi pria. Bagi wanita biasa disebut Lesbian (lesbi).

 

 

Contoh cinta kasih dalam kehidupan sehari hari :

1. Cinta kasih antara orang tua dengan anaknya.

Orang tua kita telah merawat,menyayangi, dan memenuhi segala macam kebutuhan kita dari kecil sampai dewasa agar anaknya menjadi orang baik dan berguna dikemudian hari.

2. Cinta kasih antara Laki laki dan Perempuan.

Seorang laki laki atau perempuan yang mempunyai rasa suka terhadap lawan jenisnya dengan memberikan perhatian lebih dengan prilaku baik, lemah lembut, dan sopan.

3. Cinta kasih antara sesama manusia.

Jika ada tetangga atau sahabat kita sedang terkena musibah tentu kita akan menolongnya dan mendoakannya supaya tabah dalam menghadapi berbagai masalah dalam kehidupan.

4. Cinta kasih manusia terhadap lingkungannya.

Sebagai manusia kita tentu ingin lingkungan kita bersih dan sehat, diantaranya yang dapat dilakukan adalah kerja bakti,tidak membuang sampah sembarangan,melakukan penghijauan,tidak menebang pohon secara liar serta mengganggu ekosistem yang ada. Jika upaya tersebut sudah dilakukan maka kita sudah peduli terhadap lingkungan disekitar kita.

5. Cinta kasih antara manusia dan Tuhan.

Sebagai makhluk yang mempunyai Tuhan tentu kita harus taat beribadah, menuruti perintahnya dan menjauhi segala larangan Tuhan. Berarti orang tersebut mempunyai cinta kasih kepada Tuhan pencipta-Nya.

 

Beberapa Hikmah Cinta yang mungkin kita dapat

Cinta itu mulia. Cinta bisa sangat indah. Cinta itu adalah kebahagiaan, tetapi, manakala cinta itu tidak sesuai dengan apa yang dibayangkan, apa yang diperkirakan, apa yang didambakan dan diharapkan dan bahkan jauh dari bayang bayang keindahan, betolak belakang dari kenyataan dan indahnya cinta yang sudah terlanjur tercipta dalam bayang bayang dan angan angan dua sejoli, maka cinta bisa sangat menyakitkan dan menimbulkan penderitaan yang luar biasa. Salah satu atau kedua duanya yang terlibat didalamnya, bahkan pancaran baik buruknya, kebahagiaan dan kegagalan serta kesedihan yang berlanjut dengan penderitaan sanggup menyentuh dan dirasakan orang disekitarnya.

 

Cara Mewujudkan Cinta Kasih

Cinta kepada sesama adalah perasaan simpati yang melibatkan emosi yang mendalam menurut Erich Fromm, ada empat syarat untuk mewujudkan cinta kasih, yaitu:

1. Pengenalan

2. Tanggung jawab

3. Perhatian

4. Saling menghormati

 

Referensi :

http://id.wikipedia.org/wiki/Manusia

http://id.wikipedia.org/wiki/Cinta

http://www.elvinmiradi.com/makalah-ilmu-budaya-dasar-tentang-cinta-kasih/index.html

http://yoh4n-4.blogspot.com/2009/01/arti-kasih.html

Pos ini dipublikasikan di Uncategorized. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s