Cara download melalui Torrent menggunakan U-Torrent

     Pada awalnya sebelum saya mengenal U-Torrent saya sama sekali belum mengerti cara download melalui torrent, lalu saya diberi saran oleh teman agar menggunakan software bantuan seperti U-Torrent dan setelah mencoba download melalui Torrent ternyata sangat mudah.

     Sebelum lebih jauh lagi kita harus tahu apa itu Torrent, Torrent adalah sebuah metode download secara P2P (Peer-To-Peer). P2P adalah hubungan antara 2 komputer atau lebih dalam suatu jaringan. Saat kita men-download suatu file melalui Torrent, komputer di seluruh dunia yang sedang men-download file yang sama akan berhubungan untuk saling men-transfer data satu sama lain. Untuk men-download melalui Torrent sendiri, dibutuhkan file berukuran kecil yang berekstensi *.torrent.

     Ada beberapa istilah yang perlu diperhatikan pada saat mendownload melalui Torrent yaitu adalah Seeder dan Leecher.

  1. Seeder adalah sebutan untuk seseorang yang telah selesai men-download file. Saat ini tugas Seeder hanyalah meng-upload seluruh file yang dia punya ke orang lain yang belum selesai men-download (Leecher). Setelah menjadi Seeder, dia tidak lagi melakukan proses download melainkan proses upload.
  2. Leecher adalah sebutan untuk seseorang yang sedang men-download file. Leecher melakukan 2 proses transfer secara bersamaan, yaitu Download dan Upload.

Semakin banyak Seedernya semakin cepat downloadnya (jadi untuk perbandingan Seeder dan Leecher diusahakan Seedernya lebih banyak dibandingkan dengan Leecher).

     Setelah mengetahui Torrent, maka langsung saja download U-Torrentnya klik disini , install U-Torrent yang sudah di download sebelumnya, kemudian download file yang ingin di download, tetapi karena file yang ingin di download melalui torrent, jadi kita harus download file torrentnya terlebih dahulu atau file torrentnya langsung di buka melalui U-Torrent. Karena saya mengambil file torrentnya di www.nyaa.eu jadi tampilannya seperti di bawah ini.

   torr1

     Kemudian jika memilih membuka dengan U-Torrent maka tampilannya akan seperti dibawah ini, lalu klik oke dan tunggu sampai proses download selesai.

torr2

Sekian tips dari saya, semoga bisa membantu para pengunjung sekalian.

Referensi : http://ian28.wordpress.com/2010/09/04/apa-itu-torrent/

Tulisan ini dipublikasikan di Bahasa Indonesia 1. Tandai permalink.

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s